Wednesday, March 6, 2013

Hutan Jayagiri



 Hutan Jayagiri

Bagi Anda yang sukanya berpetualang, Hutan Jayagiri yang berada di selatan kota Bandung patut dijadikan sebagai referensi untuk berpetualang Anda.Lokasi Hutan Jayagiri tak jauh dari wisata lainnya yang terkenal di Bandung, Gunung Tangkuban Perahu. Wana wisata ini memiliki luas kurang lebih 10 hektar.
Hutan Jayagiri merupakan hutan lintas alam yang biasanya digunakan oleh para pecinta alam untuk mendaki gunung, menelusuri hutan atau sekadar piknik melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari yang membosankan. Yang menarik dari Hutan Jayagiri ini adalah hutan alam yang indah, udara yang bersih dan segar dan adanya sumber air yang bisa dimanfaatkan pengunjung.

Hutan Jayagiri sendiri merupakan hutan wisata yang memiliki konfigurasi kontur tofografi yang bergelombang dengan kemiringan lintasan hiking berkisar antara 5o hingga 45o di beberapa titik, sangat bervariasi. Wana wisata ini terletak di ketinggian 1.250 meter diatas permukaan laut (dpl) dengan curah hujan 2.700 mm/tahunnya. Lintasan treking di kawasan hutan ini didominasi oleh rapatnya jajaran Pinus (Pinus merkusii) dan Puspa (Schima walichii), fakta ini juga didukung oleh pencitraan satelit dari Digital Globe tahun 2009.


Untuk masuk ke Hutan Jayagiri pengunjung mesti membayar tiket masuk (plus asuransi dari perhutani) Rp. 2.000, parkir kendaraan roda dua Rp.1.000, dan penitipan helmet Rp. 500. ± 150 m setelah portal Jayagiri, tanjakan mulai terlihat. 5 menit kemudian, kita akan menemukan 2 rute hiking, rute kiri adalah jalur pipa air dari mata air Jayagiri, relatif “agak landai”. Dan rute kanan (klasik) dengan banyaknya trap-trap tanjakan (mirip tanjakan kuburan kuda di gunung Ciremai) yang bikin dengkul dan paru-paru bekerja ekstra keras.

wisata Jayagiri ini mudah sekali ditemukan karena lokasinya berdekatan dengan objek wisata lain, Tangkuban Perahu.Berada di Bandung Selatan yang bisa dicapai dari Kecamatan Lembang dengan jarak 2 km, dari Cimahi sekitar 17 km, dan dari Kota Bandung sendiri lebih kurang 17 km.

No comments:

Post a Comment