Friday, March 8, 2013

Kuliner

Batagor Kingsley (Bandung)
Salah satu kuliner terkenal di Bandung adalah batagor. Batagor ini adalah singkatan dari BAso TAhu GOReng, yang dimakan dengan bumbu kacang… rasanya maknyus.. Batagor yang terkenal di Bandung adalah Kingsley & Riri. Dalam kesempatan ini, JalanJajanHemat (JJH) memberikan info untuk batagor Kingsley. Lokasinya di Jalan Veteran No 25. Karena bukan merupakan jalan ke tempat wisata, sehingga kami sarankan untuk menggunakan GPS dalam mencari tempat ini. Mencari parkir juga mesti sabar, karena pengunjung cukup banyak dan kapasitas parkir pinggir jalan sangat terbatas.Berada di halaman depan sebuah rumah, tempat ini terlihat sederhana. Meja model lama, dengan kursi plastik, dan tanpa pendingin udara (AC). Pelayanan cukup cepat dan sigap dalam melayani tamu. Harga batagornya lumayan mahal juga yaitu Rp 24.000 / porsi, isi 3 buah, jadi harganya Rp 8.000/buah.Saat kami datang ada live musik nya lho, ada beberapa pemain musik & penyanyi yang mendendangkan lagu. Tertarik mencoba ? Oh ya, tempat ini tutup tiap hari Kamis. Salam JJH

Batagor Kingsley
Jl. Veteran No. 25, Bandung
Telp: (022) 4207104
Tiap hari Kamis Tutup

Kampung Daun
Di belahan utara kota Bandung di sebuah lembah kecil kawasan obyek wisata Cihideung, Lokasinya yang terletak 4,7 km dari mulut Jalan Sersan Bajuri, berada di dekat pertigaan Terminal Ledeng. Arah jalan menuju Lembang. Kampung Daun Culture Gallery & Café adalah sebuah kafe yang unik dengan suasana kampung yang alami.
Bukan hanya rasa yang menjadi perhatian, food decoration juga menjadi perhatian utama. Berbagai pernik seperti piring dari anyaman bambu dan buah sebagai wadah nasi, seluruh bahan penyaji berkesan natural.Menu yang dihidangkan kampung Daun lebih banyak menu tradisional. Jangan lupa menikmati makanan favorit seperti nasi timbel khas kampung daun. Penampilan menu ini sedikit beda. Nasi dibentuk kerucut dan diracik dengan bumbu yang khas. Atau nasi goreng yang disajikan dalam tapir dengan nasi ditengah dalam batok kelapa yang dikelilingi lauk-pauknya.

Kafe ini dibuka pukul 11.00 WIB hingga 23.00 WIB, dan weekend Kampung Daun tutup pukul 24.00 WIB.

Kampung Daun Culture Gallery & Café

Alamat :

Jl. Sersan Bajuri Km. 4,7 No. 88 RR1 – Bandung

Warung Lela
Makan bakso sambil melihat pemandangan Kota Bandung dari ketinggian adalah yang ditawarkan Warung Lela atau anak muda di Bandung sering menyebutnya “Wale”, Tempat makan eksotis dengan bangunan bergaya Jawa kuno, dekorasi ruangan di tata sedemikian apik, selain ditambah suasana dan pemandangan indah di sekitar warung yang membuat pengunjung semakin betah.Warung Lela terletak di sebuah perumahan yang bisa diakses melalui Dogo atas atau dari Cigadung, dulunya adalah rumah tinggal di pinggir tebing yang dimodifikasi menjadi sebuah rumah makan, menjual Mie bakso sebagai menu utamanya, sangat pas di udara yang dingin dengan angin semilir diantara tanaman dan pepohonan yang rindang.Menu makanannya seperti mie bakso campur, yamien, siomay, mie dan bihun dengan sayuran, daging ayam serta jamur, ada juga sop buntut, nasi tim dan masih banyak lagi.Alamat : Jl. Kupa No. 6, Rancakendal Dago Atas Bandung

 Yoghurt Cisangkuy
Dikenal dengan Yoghurt Cisangkuy, yoghurt yang dijual memang tidak asam seperti yoghurt pada umumnya. Sebaliknya, rasa yoghurt cenderung manis dan Anda akan semakin disegarkan dengan potongan buah yang ada dalam yoghurt. Jenis buah disamakan dengan rasa yoghurt yang Anda pesan. Bila Anda memilih yoghurt strawberry, maka buah strawberry akan ditemukan di dalam yoghurt. Begitu juga saat Anda memesan rasa anggur atau leci, maka Anda akan menemukan potongan anggur atau leci di dalamnya. Dengan adanya potongan buah, akan membuat yoghurt semakin segar untuk diminum. Jenis yoghurt yang ditawarkan ada berbagai rasa, mulai dari coklat, strawberry, anggur, leci, mocca dan rasa lainnya. Ada juga yoghurt spesial yang diberi campuran rum untuk menambah kenikmatan minum yoghurt. Harga untuk satu yoghurt yaitu kira-kira sekitar Rp 9.500,-an.Selain yoghurt, Anda juga dapat mencoba jenis makanannya seperti kentang goreng. Bila ingin menu lain, Anda dapat memesan makanan dari pedagang keliling seperti batagor, siomay, sate dan makanan lainnya. Jalan ini memang ramai ditempati pedagang dengan barang dagangannya.
Selain minum yoghurt, di sepanjang jalan ini juga banyak kuda-kuda yang disewakan untuk mengelilingi taman. Atau Anda dapat juga menyewa becak kecil yang telah dihias untuk ditumpangi anak Anda dan orangtua yang menjalankan becak. Adanya taman yang sejuk telah membuat ada banyak sarana transportasi tradisional yang dimanfaatkan agar Anda dapat mengelilingi taman ini. Jadi setelah menikmati yoghurt, Anda dapat mengajak anak Anda untuk mencoba kuda atau becak sambil mengelilingi taman.

Lokasi di Jalan Cisangkuy No. 66 Bandung

Areal indoor kedai dibuka dari jam 08.00-17.00 WIB

Selebihnya, pengunjung boleh menikmati hidangan di pekarangan rumah hingga pukul 20.30 WIB.

Martabak San Fransisco
MODIFIKASI bentuk dan isi martabak menghasilkan varian baru seperti martabak mini, martabak jamur, martabak bolu, hingga steak martabak. Ada dua kategori martabak, yakni manis dan asin-gurih.

Martabak manis yang juga dikenal sebagai “kue terang bulan” atau “kue pinang Bangka” mengacu pada sejenis pancake atau omelet besar berisi cokelat atau keju parut. Sementara martabak asin-gurih (martabak telur) umumnya digunakan daging ayam dan sapi cincang, udang, sayuran.Didirikan pada tahun 1967, selain di Jl. Burangrang, mempunyai cabang lain di Jl. Karapitan, kota Bandung. Menu andalan adalah martabak manis spesial campur (1/2 keju, 1/2 cokelat kacang), dan martabak asin/telur spesial daging sapi.

Daftar Menu :
-Martabak manis
-Martabak asin
(tambah telor bebek)
Alamat :
Jl. Burangrang No. 42 Bandung Selatan/Lengkong

Martabak Bolu Golden Bell
Bentuk dan rasanya seperti martabak biasa, hanya teksturnya lebih lembut dan empuk mirip kue bolu. Walaupun sudah 4-6 hari, masih tetap empuk dan tidak terlalu berminyak. Nadia, salah seorang pemilik, menjamin produknya itu bebas pengawet. Triknya hanya pada pengadonan. Berbeda dengan martabak umumnya, martabak bolu juga dimakan tidak dalam kondisi panas.“Martabak bolu cocok untuk oleh-oleh karena bisa tahan hingga tiga hari. Bahkan, jika masuk lemari es bisa tahan sampai 1 minggu,” kata Nadia yang telah setahun membuka usaha ini bersama adiknya. Kendati gerainya hanya ada di Bandung, martabak bolu lebih dikenal di luar Bandung.

Sejumlah pelanggannya bahkan sudah membawanya hingga ke Singapura, China, Hong Kong, dan Belanda sebagai oleh-oleh bagi sanak saudaranya. Satu kotak martabak bolu dengan pilihan rasa keju, cokelat, kacang, kismis (atau campurannya) dibanderol kira - kira sekitar Rp27.500- Rp30.000an.
Alamat Martabak Bolu Golden Bell :

Jl.Dangdeur Indah II no.1 (SuryaSumantri)
Bandung

Bubur Ayam Pajajaran Pak Amid
Bubur Ayam Pak Hamid ini adalah salah satu bubur tenar di Bandung. Selain jual bubur juga jual berbagai jus buah segar. Yang enak dari bubur nya Pak Hamid ini adalah karena isinya banyak dan ada pilihan ayam, ati ampela, telor, dan ada juga bagi yang suka si buburnya diadukin telor mentah.
Bubur Ayam Pak Hamid Pajajaran ini terkenal banget dari jaman lokasinya masih di Jl. Pajajarannya sampai sekarang yang sudah pindah (ke dekat situ juga) yaitu di Jl. Arjuna (depannya taman segitiga di Jl. Pajajaran).

Buat yang lewat daerah pajajaran kalau pagi berangkat ke kampus atau kerja, pas banget buat mampir dulu sarapan bubur ayamnya. Bubur Ayam Pak Amid buka sampai malam jadi banyak juga yang makan siang dan makan malam bubur pak Hamid

Mie Kocok
Mie Kocok ada makan populer yang berasal dari Bandung, Jawa Barat, yang terdiri dari mie yang di rebus dan dikocok, ditambah urat atau kikil sapi, sayuran taoge, bakso sapi daun bawang, bawang goreng dan jeruk nipis beserta kuah kaldu sapi.Mie Kocok yang sudah dikenal oleh masyarakat Bandung salah satu nya adalah Mie kocok Mang Dadeng. Dari segi rasa mie kocok mang Dadeng menyajikan rasa yang nikmat dan kikil sapi nya sangat empuk disajikan dengan bawang goreng yang lumayan banyak.
Mie Kocok Mang Dadeng

Alamat

Jl. Banteng (KH Ahmad Dahlan) No. 67, Bandung - Bisa masuk lewat jalan lingkar selatan (Peta) seberang hotel Horison, disebelah tempat jualan parfum

Es Oyen
Es oyen mulanya hanya sekadar dijual di pinggir jalan. Persisnya di kawasan Jalan Bungsu atau yang kini dikenal dengan Jalan Veteran Bandung.ada juga di jalan sukajadi bandung. pertama kali menjajakan es sejak tahun 1950-an. Kala itu Es Oyen dijajakan dengan cara dipikul. Ketika itu, es buatan Kakek Ba Eti belum ada namanya. Sebagai usaha yang masih tergolong kecil, pembelinya juga masih terbatas. kemudian mengenal es yang dijual Kakek Ba Eti dengan nama Es Oyen.
Es Oyen tidak hanya laris manis di daerah Bandung, bahkan dari luar Bandung.

Berbeda dengan Es campur dari daerah lain,Es campur dari Bandung biasanya disajikan diantaranya berisi :
- Ketan
- Alpukat
- Nangka,potong kecil
- Gula
- Mutiara / Agar-Agar potong kecil
- Es Batu / Es Serut
- Kelapa Muda, serut
- Susu
Selain itu ada juga Es campur yang lumayan terkenal yaitu :

Es Campur Pa Karma Jl. Banteng No. 22 Bandung (*ada peyeum ketan hitam nya enak..)

Es campur durian Pak Aip Jl. Tubagus Ismail I No. 1. Bandung (*bagi anda penggemar durian disarankan anda mencobanya).

Surabi Enhai / Surabi Imut
Serabi atau orang sunda memanggilnya Surabi adalah makanan yang terbuat dari tepung beras dan santan kelapa, Setiap propinsi mempunyai ciri khas dan resep masing-masing.

Surabi tradisional di Bandung biasanya disajikan dengan gula cair(manis), atau dengan oncom(asin).

Di Lembang terdapat banyak tempat yang menyajikan Surabi, yang paling terkenal untuk kalangan anak muda adalah Surabi Enhai – disebut Surabi Enhai karena lokasinya berdekatan dengan kampus perhotelan di Bandung yaitu NHI, dulu nya adalah tempat nongkrong anak-anak kampus NHI, sekarang sudah ramai dikunjungi orang pada malam hari atau weekend.

Variasi toping di Surabi enhai yang mengikuti selera modern membuat Surabi ini banyak disukai kalangan anak muda. Ada rasa ada cokelat, sosis, keju, oncom, telur dll.

Alamat : Surabi Enhai - Jl. Dr. Setiabudi (Samping Kampus NHI) Bandung Utara

Buka mulai sore hingga tengah malam (18.00-23.00 wib).

Lotek
Lotek hampir sama dengan pecel atau di betawi disebut gado - gado, yakni makanan berupa rebusan sayuran segar yang disiram dressing berupa sambal dicampur bumbu kacang. Keunikannya, sebagai bahan sambal di samping kacang seringkali ditambahkan tempe dan dalam bumbunya ditambahkan terasi, gula merah, dan bawang putih. Secara umum, lotek terasa lebih manis daripada pecel.
Selain itu, kalau sambal pecel bumbu sudah dicampur sebelumnya, untuk lotek bumbu baru ditambahkan ketika akan dihidangkan.Lotek dapat disajikan dengan lontong atau nasi hangat, disertai dengan kerupuk dan bawang goreng.

Lotek banyak dijumpai di Bandung, sebagai referensi berikut tempat makan Lotek di Bandung

1. Lotek Herry thea - buah batu no. 147

2. Lotek Ramdan, dkt pasar ancol (di jalan moh ramdan)

3. Lotek Mahmud - jalan mahmud, belkng SMAK BPK

4. Lotek Jl. Macan

5. Lotek Jl.Sabang (di gang dkt pasar dkt kantor polisi)

6. Lotek Kalipah Apo - Lotek Kalipah Apo 42

7. Lotek Ceu O’om - Jl. Alkateri

8. Lotek Mak Emeh - Jl. Jurang deket ayam goreng Suharti Jalan Cipaganti

9. Lotek Bu azis - jl parakan indah,sokarno hatta,depan honda auto best

10. Lotek kemuning - Jl. Kemuning deket prima rasa

11. Lotek Tea - jl.segar 2 no.37 ujung berung indah

12. Lotek Kelek - Jl Pungkur klo ke arah itc sebelum jalan pasundan

13. Lotek Rujak Ma Engkoy - Jl A.H. Nasution (Cikadut) seberang SPBU

14. Lotek Ciumbuleuit - Dekat VAA

15. Lotek Paranti - jl. cilentah 4

16. Lotek Bu tan-tan - jl.pungkur (deket kebun kelapa) masuk gang sbelah toko ban mobil, ada plangnya

17. Lotek Bi Timi - di pasar barat, belakang pasar baru tepatnya di gang bombay

18. Lotek Ciptarasa/Mang mamat - jl banteng dalam, masuk dari samping RS. Muhammadiyah

19. Lotek Ceu Anih - Jl. Cikutra Raya. pertigaan ke arah JL. Cikutra Baru. Dari arah jl. Pahlawan pas pertigaan TMP, belok kanan

20. Rumah Makan Lotek, Jalan Astiona 17

21. Lotek Ceu Anih - di Jalan Muararajen, tepatnya Kelurahan Cihaugeulis

Kentang Arab
Kentang Arab yang gerainya ada di Jalan Telekomunikasi, Bojong Soang Bandung. Memang namanya ada embel-embel “Arab” namun tahukah Anda bahwa jajanan ini berasal dari Bandung asli.
Bentuknya sendiri seperti kentang goreng biasa namun yang membedakannya hanya dilumuri oleh tepung yang renyah dan krispi. Karena banyak juga orang yang menyebut sebagai kentang krispi. Rasanya kriuk-kriuk dan gurih sehingga akan memberikan sensasi makanan yang luar biasa.
Bumbunya juga terasa sangat gurih menjadikan menyantapnya begitu lezat dan nikmat. Untuk rasanya sendiri tersedia dalam berbagai macam rasa seperti keju, barbeque, balado dan juga original. Biasanya Kentang Arab ini dijual dalam beberapa gerobak atau stan sederhana di pinggiran jalan. Kalau hari Minggu, gerainya biasa ada di depan Gedung Sate Bandung sedangkan di hari-hari biasa ada di Jalan Dipati Ukur tepat di depan Universitas Padjajaran Bandung. Makanya tak heran kalau banyak mahasiswa yang menjajal jajanan khas ini.
Bagaimana ya harganya? Cukup murah dan ringan di kantong untuk jajanan yang gurih dan lezat ini. Hanya diperlukan Rp 5.000 saja bagi Anda yang ingin membelinya. Ketika menyantapnya maka Anda akan merasakan kentang didalamnya. Kalau sedang ke Bandung jangan lupa untuk memasukkan Kentang Arab ini dalam kuliner yang harus dibeli baik untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk dijadikan oleh-oleh dan dibagikan kepada keluarga dan tetangga. Kapan lagi bisa jajan di tempat yang murah meriah seperti di gerainya Kentang Arab ini!
Kentang Arab berlokasi di Jalan Telekomunikasi, Bojong Soang Dayeuh Kolot, Bandung, Jawa Barat – Indonesia.

Goyobod Kiliningan
Bicara soal minuman tradisional sunda tentu ada sederet nama minuman yang bisa disebutkan seperti bajigur, sekoteng, bubur kacang sampai goyobod. Mungkin bajigur atau sekoteng sangat familiar di telinga, namun tahukah Anda goyobod? Goyobod juga ternyata minuman khas sunda yang banyak digemari oleh masyarakat Jawa Barat.
Di Bandung Es Goyobod ini biasanya banyak ditemui di pinggir-pinggir jalan atau dijual secara berkeliling. Jumlah penjualnya sendiri lumayan banyak sehingga Anda tak akan kesulitan untuk mendapatkannya. Namun kalau Anda ingin mendapatkan Es Goyobod yang fixed dalam arti penjualnya mangkal di suatu tempat maka harus mencoba menuju ke kawasan Jalan Kiliningan di Buah Batu Bandung. Di kawasan ini Anda akan menemukan sederetan gerobak yang menjajakan makanan yang mana salah satunya Es Goyobod.
Kawasan inipun kemudian menjadi semacam food court kecil seiring dengan makin dikenalnya Es Goyobod Kilingan ini. Bak semut yang mengerubungi gula, kawasan inipun kemudian dibanjiri oleh sejumlah pedagang lainnya seperti timbel ayam, risoles, batagor siomay, cireng isi dan lainnya. Es Goyobod sendiri ialah mirip dengan es campur dengan bahan utamanya hunkue, peuyeum atau tape singkong, kolang-kaling, nangka, dan lainnya. Dicampurkan juga santan kental yang kemudian ditutup dengan serutan es susu kental manis. Jika Anda penasaran jam bukanya dari jam 10.00 sampai 18.00.
Goyobod Kiliningan berada di Jalan Kiliningan, Buah Baru, Bandung, Jawa Barat – Indonesia.

Sop Kambing M Syam
Ada banyak pilihan kuliner yang bisa dipilih di Bandung. Salah satunya ialah Sop Kambing M. Syam yang berada di Jalan Banceuy Bandung. Banyak yang menyebutkan bahwa sop kambing ini merupakan sop kambing yang paling enak di tatar Bandung. Kedainya sendiri dicirikan dengan tulisan besar ditendanya berbunyi “Sop Kambing, Khas Jakarta, M.SYam”. Kedainya sendiri bersebelahan dengan Sop Kaki Sapi. Tendanya sendiri berukuran kecil namun bukan berarti sajian kuliner sopnya mengecewakan.
Ketika masuk kedalam kedainya maka Anda akan langsung disuruh memilih menu yang tersedia yang terdiri dari daging, lidah, mata, otak, kaki, dan juga tulang rawan yang kesemuanya berasal dari kambing. Setelah dipilih maka kokinya akan langsung bekerja untuk memasaknya. Pilihan Anda akan langsung dipotong-potong dan diberikan kuah. Lalu dimasukkan ke dalam panci dengan tujuan supaya lebih meresap. Didalamnya dimasukkan rempah-rempah dan minyak samin sehingga rasanya wooow maknyusnya tak kepalang!
Daging kambingnya disajikan didalam kuah yang kental dan berpadu dengan rempah-rempah yang menghasilkan rasa gurih tak bertepi. Dipadu lagi dengan kecap manis dan acar timun sehingga rasanya semakin sempurna. Ketika santapan sudah ada didepan mata, lidah dan perut Andapun seolah langsung berontak ingin segera menyantapnya. Tak salah kalau kedai sop kambing ini banyak yang merekomendasikan karena memang citarasa sopnya sangat lezat dan sesuai dengan selera banyak orang. Makanya menyempatkan diri untuk berkunjung ke kedai ini merupakan suatu keharusan!
Sop Kambing M. Syam berlokasi di Jalan Banceuy Bandung, Jawa Barat – Indonesia.

Kupat Tahu Gempol
Anda suka jajan? Sukakah dengan kupat tahu? Kupat tahu yang satu ini dijamin akan memberikan kepuasan bersantap yang berbeda dengan kupat tahu yang lainnya. Namanya Kupat Tahu Gempol yang telah menjadi ikon Kota Bandung. Banyak kalangan yang menyukai kupat tahu yang digemari berbagai kalangan ini!
Yang membedakan antara kupat tahu ini dengan kupat tahu lainnya ialah dalam hal bumbu dan tahunya. Bumbu Kupat Tahu Gempol ini memiliki bumbu dengan kekentalan dan rasa yang sangat pas di lidah banyak pembelinya. Begitu juga dengan tahunya yang langsung didatangkan dari sentralnya tahu di Bandung, yakni Cibuntu. Tekstur tahunya sangat lembut namun tetap tidak menghilangkan kekenyalannya sehingga memberikan efek lezat dan nikmat. Harganya sendiri Rp 10.000 yang mungkin cukup mahal dibandingkan kupat tahu lainnya namun harga tersebut sepadan dengan kualitas kenikmatannya.
Tak hanya soal rasa yang menjadi keunggulan dari kedai Kupat Tahu Gempol ini karena pelayanannya juga sangat ramah sehingga setiap pengunjungya akan merasa betah dan dihargai. Jadi serasa lengkap ketika ada di kedai ini selain bisa mencicipi lezat dan gurihnya kupat tahu juga kenikmatan senyuman para pelayaannya yang sangat akrab. Kalau ke Bandung Anda harus menjajal kuliner yang satu ini baik itu sendiri maupun bersama keluarga. Segera cekidot pokoknya jangan sampai ketinggalan sama orang lain!
Kupat Tahu Gempol berada di Pasar Gempol, Bandung, Jawa Barat – Indonesia.
Telp: 022-4260809

Bakso Jai 
Kedai bakso memang tak terhitung jumlahnya di kota sebesar dan seterkenal Bandung. Namun tentu saja tak semua kedai tersebut memiliki citarasa bakso yang mumpuni alias sesuai dengan lidah tiap-tiap orang. Perlu selektif dalam menentukan kedai bakso mana yang bisa lebih dipercaya untuk tak sekadar mengganjal perut, namun juga bisa menggoyang lidah.
Rasanya bagaimana? Cukup menyegarkan apalagi kalau disantap disaat siang. Ukuran baksonya yang super besar akan membuat perut Anda cepat kenyang sekalipun tidak makan nasi. Begitu juga dengan kekenyalannya yang cukup pas sehingga menjadi kunci kedai bakso ini begitu ramai dikunjungi. Untuk satu porsinya dibanderol dengan Rp 13.000. Harga yang sangat fair untuk satu mangkuk bakso dengan rasa yang menggugah dan nikmat. Andapun dijamin akan dibuat ketagihan ketika sudah mencobanya!
Kedainya memang tidaklah terlalu besar, hanya berbentuk tenda kaki lima di pinggir jalan. Bahkan tak sedikit dari pengunjung yang hanya bisa duduk dibangku panjang tanpa ada meja untuk bersantapnya. Meski begitu ternyata tak sampai menghalangi niat para pelanggannya Bakso Jai untuk bersantap disini. Jam bukanya sendiri dari jam 13.30 sampai dengan jam 22.00. Ketika mau masuk ke Bakso Jai ini Anda akan mendapati tulisan berbunyi “Bakso Jai, sejak 1960”. Artinya apa? Berarti kedai bakso ini telah ada sejak 50 tahun silam. Woow fantastis bukan?
Bakso Jai breada di Jalan Gudang Selatan, tepatnya disamping rel Kereta Api Kosambi, Bandung, Jawa Barat – Indonesia.

Tahu Bandung SB
Anda suka dengan tahu Bandung? Tak heran memang kalau Anda begitu gandrung dengan tahu Bandung karena banyak orang yang juga menyukai jajanan khas kota ini. Tak hanya orang-orang Bandung saja yang selalu ingin menyantap jajanan yang satu ini, namun banyak juga orang yang berasal dari luar Bandung yang kesrengsrem ingin bersantap tahu Bandung.
Kalau begitu Anda patut mencoba Tahu Bandung SB yang sudah menjomantara alias terkenal. Kedai tahu ini menyajikan berbagai varian tahu yang siap untuk Anda santap. Contohnya ialah Tahu Mongol yang rasanya ajib banget. Tahu Mongol ini memiliki bagian dalam yang sangat lembut bak susu yang kemudian diblut dengan kulit luar dengan crispy. Dijamin ketika Anda pertama kali mencicipinya maka akan langsung merasa ketagihan. Anda siap untuk ketagihan dan ingin terus bersantap Tahu Mongol ini?
Tahu Mongol ini akan semakin enak disantap ketika disajikan dengan cocolan sambal kecap. Rasanya? Woow bukan main juaranya! Tahu Mongol ini dikemas dengan isi sebanyak 15 potong dan berharga Rp 11.000 saja. Selain Tahu Mongol ada juga Tahu Sapi Lada Hitam yang didalamnya berisi daging sapi dengan sayuran sehingga terasa sangat pedas yang berasal dari lada hitam dibalut dengan kelembutan yang khas. Satu pak Tahu Lada Hitam ini berisi 6 potong yang cukup ditebus dengan Rp 12.000
Kemudian ada juga Tahu Ayam Jamur yang harga satu paknya Rp 12.000 dan berisi sekitar 6 potong kecil. Tahu Ayam Jamur ini berbalut tepung yang didalamnya berisi daging ayam dan jamur. Ada juga Tahu Isi Sayur yang terasa sangat lembut dengan potongan wortel, buncis dan juga kol. Untuk membuat Tahu Isi Sayur ini tidaklah sembarangan karena bukan menggunakan tahu isi melainkan tahu susu dengan teksturnya yang terasa sangat lembut. Hargany Rp 12.000 untuk 12 potong kecil.
Tahu Bandung SB berada di Jalan Astana Anyar No. 82 Bandung, Jawa Barat – Indonesia.
Telp: 022-6011882

Sate dan Gule Kambing simpang lima
Anda akan merasakan gulai dengan bumbu yang sangat kental dan rasanya yang khas. Didalamnya terdapat daging kambing yang menggoda, yang disajikan didalam kuah dengan sedikit lemak. Kemudian ada juga sajian sate yang tak kalah menggodanya dan bisa mengenyangkan perut. Ingin itu semuanya? Maka datanglah ke kedai Gulai dan Sate Kambing HM Harris.
Di kedai ini akan disuguh dengan sajian sate dan gulai yang bercitarasa tinggi. Menu gulainya sendiri terasa sangat pas di lidah dan dijamin tak akan bikin eneg. Dagingnya terlihat berlimpah alias tidak pelit. Harganya Rp 26.000 untuk satu mangkuknya. Begitu juga dengan satenya yang juga tak boleh Anda lupakan. Sate kambingnya sendiri disajikan diatas hotplate dengan maksud supaya kehangatannya terjaga. Anda yang suka lemak, maka bisa memesan sate kambing tersebut yang banyak lemaknya karena disini juga menjual sate kambing yang tanpa lemak.
Kalau Anda bosan dengan sate daging kambing, maka bisa menjatuhkan pilihan ke pesona sate lainnya yakni Sate Ginjal dan Sate Ati. Jika Anda memesan Sate Ginjal makan akan dirasakan teksturnya yang kenyal dan sangat asyik untuk disantap. Harganya sendiri sama dengan sate kambing. Kedai HM Harris ini buka 24 jam dalam setiap harinya sehingga sangat cocok bagi Anda yang merasa lapar di tengah malam dikala warung-warung makan lainnya jarang yang buka.
Sate dan Gule Kambing HM Harris berada di Jalan Asia Afrika No. 151, Jalan Simpang Lima Bandung, Jawa Barat – Indonesia.
Telp: 022- 4220717

Sop Buah Pak Ewok
Untuk menemukan penjual es buah di kota sekelas Bandung tentu bukanlah hal yang menyulitkan. Karena banyak penjual es yang sudah malang melintang di jagat kuliner Kota Kembang. Salah satunya ialah Sop Buah Pak Ewok yang berada di Jalan Cimandiri, tepatnya berada di belakang Gedung Sate Bandung. Sop buahnya terasa sangat menyegarkan dan banyak mengandung nilai gizi. Andapun akan dibuat kembali semangat ketika mencicipi es buah yang satu ini.
Didalam es buahnya sendiri Anda akan menemukan berbagai buah yang masih segar seperti strawberry, mangga, semangka, melon, lengkeng, sawo, kelapa muda, buah naga, sirsak, jambu batu dan masih banyak buah-buahan yang lainnya. Tampilannya juga terlihat sangat cantik dengan sirup gula dan susu kental manis. Rasanya sangat manis dan menyegarkan. Bagi Anda yang sudah durian bisa pesan sop durian yang mana akan ditambahkan butiran-butiran buah durian yang sangat harum ke dalamnya.

Untuk menebus kesegaran sop buah ini cukup dengan uang senilai Rp 8.000 saja. Sedangkan jika ditambah dengan durian maka mesti mengeluarkan biaya ekstra menjadi Rp 11.000 saja. Sop Buah Pak Ewok ini ternyata sudah membuka franchise dibeberapa kota seperti di Bogor. Makanya Anda yang berdomisili di Bogor pun bisa menjajal rasa manis dan segarnya Sop Buah Pak Ewok ini. Makanya segera rasakan kesegaran dan sensasi yang akan dirasakan ketika mencoba Sop Buah Pak Ewok yang satu ini!

Sop Buah Pak Ewok berada di Jalan Cimandiri, Bandung, Jawa Barat – Indonesia.


No comments:

Post a Comment