Wednesday, March 6, 2013

Observatorium Bosscha Bandung


Observatorium Bosscha Bandung

Bagi pecinta astronomi, jika ke kota bandung pasti tidak akan lengkap kalau tidak datang ke observatorium Bosscha. Observatorium Bosscha merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia yang berlokasi di Lembang, Jawa Barat, sekitar 15 km di bagian utara Kota Bandung dengan koordinat geografis 107° 36' Bujur Timur dan 6° 49' Lintang Selatan. Tempat ini berdiri di atas tanah seluas 6 hektare, dan berada pada ketinggian 1310 meter di atas permukaan laut atau pada ketinggian 630 m dari plato Bandung. Bosscha merupakan salah satu peneropongan bintang terbesar di Asia Tenggara. Kode observatorium Persatuan Astronomi Internasional untuk observatorium Bosscha adalah 299.

Observatorium Bosscha dibangun oleh Perhimpunan Bintang Hindia Belanda demi memajukan Ilmu Astronomi di Hindia Belanda. Adalah seorang Karel Albert Rudolf Bosscha, seorang tuan tanah di perkebunan teh Malabar, bersedia menjadi penyandang dana utama dan berjanji akan memberikan bantuan pembelian teropong bintang. Sebagai penghargaan atas jasa K.A.R. Bosscha maka nama Bosscha diabadikan sebagai nama observatorium ini.

Publikasi internasional pertama Observatorium Bosscha dilakukan pada tahun 1933. Namun kemudian observasi terpaksa dihentikan dikarenakan sedang berkecamuknya Perang Dunia II. Setelah perang usai, dilakukan renovasi besar-besaran pada observatorium ini karena kerusakan akibat perang hingga akhirnya observatorium dapat beroperasi dengan normal kembali.
Kemudian pada tanggal 17 Oktober 1951, NISV menyerahkan observatorium ini kepada pemerintah RI. Setelah Institut Teknologi Bandung (ITB) berdiri pada tahun 1959, Observatorium Bosscha kemudian menjadi bagian dari ITB. Dan sejak saat itu, Bosscha difungsikan sebagai lembaga penelitian dan pendidikan formal Astronomi di Indonesia.

Apabila anda berminat mengunjungi tempat ini, harus terlebih dahulu mendaftarkan diri / konfirmasi, baik melalui petugas tata usaha, surat, email, maupun telpon / fax.
Konfirmasi tersebut dapat dikirim dengan alamat :

Kepala Obsevatorium Bosscha FMIPA ITB
u.p. Ibu Cucu Suryati
Lembang 40391
Telepon / fax. 022 – 278 6001
Email : kunjungan@as.itb.ac.id
Situs : www.as.itb.ac.id


Ada beberapa kunjungan yang disediakan disini, yaitu :
• Kunjungan siang
• Kunjungan malam rutin
• Kunjungan malam permintaan khusus


Tapi anda perlu ingat, obsevatorium ini tidak menerima kunjungan pada :
• Hari Minggu dan hari-hari libur nasional
• Hari Senin (untuk perawatan teknis teropong dan intrumentasi)
• Seminggu sebelum dan setelah hari raya Idul Fitri
• Tanggal 30 Desember sampai dengan 3 Januari tahun berikutnya.

Apabila terdapat fenomena alam khusus / aktivitas astronomi (Astro Camp, kenampakan obyek langit tertentu) biasanya diumumkan melalui internet. HTM-nya pun hanya sekitar Rp 5.000,- s/d Rp 10.000,-

BACK

No comments:

Post a Comment